Dana Perlindungan Bersama (DAPERMA)

Daperma merupakan usaha pengumpulan uang secara bersama-sama (solidaritas) untuk melindungi Kopdit, anggota Kopdit dan keluarganya secara keseluruhan dari resiko keuangan usaha simpan pinjam sebagai core – business di Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI). Anggota Kopdit tidak perlu membayar iuran/preminya dan jika anggota tersebut meninggal dunia/cacat tetap total akan mendapatkan Santunan Duka dan Perlindungan Pinjaman, Iuran (premi)nya dibayar oleh Kopdit. Daperma Memberikan nilai Plus bagi Kopdit sebagai promosi kepada orang yang belum menjadi anggota dan untuk memperluas serta pengembangan anggota Kopdit. Pelayanan Daperma sudah diselenggarakan sejak tahun 1977.KSP Kopdit Ankara menjadi anggota sejak 15 Nop 1990 dengan sertifikat no 510.

  1. Daperma sebagai payung pelindung bagi Kopdit dan juga bagi anggota Kopdit beserta keluarganya.
  2. Daperma juga merupakan wahana untuk mewujudkan semangat setiakawan dan solidaritas dalam gerakan Kopdit se – Indonesia ( saling membantu)
  3. Daperma juga meningkatkan mutu pelayanan Kopdit pada anggota dan juga meningkatkan mutu administrasi dan manajemen Kopdit.
  4. Untuk melindungi Kopdit dari resiko pinjaman yang terjadi ketika anggotanya meninggal dunia atau cacat tetap total.
  5. Membebaskan ahli waris anggota (peminjam) dari beban hutang sampai jumlah tertentu karena masih adanya sisa hutang yang ditinggalkannya di Kopdit.
  6. Memberikan santunan kepada keluarga (ahli waris ) dari anggota yang meninggal dunia dengan diperhitungkan atas dasar simpanannya dalam Kopdit berdasarkan usia anggota pada saat menabung.
  7. Untuk menyadarkan para anggota Kopdit pentingnya perencanaan keuangan sejak dini yang bermanfaat bagi keluarga (ahli warisnya).
  1. PPA (Perlindungan Pinjaman Anggota)
  2. Melindungi Pinjaman Anggota dengan maksimal Pinjaman Rp. 100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) Jika Anggota Peminjam Meninggal Dunia
  3. SDA (Santunan Duka Anggota) maksimal
  4. Melindungi Simpanan Saham dan Non Saham Setara Saham (Simapan,Simulti) Anggota dengan maksimal Simpanan Rp. 30.000.000,00 (Tiga juta Rupiah) Jika Anggota Peminjam Meninggal Dunia
  1. Surat Keterangan Kematian 5 Rangkap atau Akte Kematian
  2. KTP ASLI, / KK asli / atau fotocopy (legalisir) 5 Rangkap Anggota yang meninggal dunia
  3. Jika Point 1 tidak ada maka Surat Keterangan Domisili 5 Rangkap
  4. Mengantar ke Kantor Cabang
  5. Mengecek Blangko Pinjaman jika anggota memiliki Pinjaman.
  6. Memastikan ke Bagian administrasi Kantor Cabang bahwa berkas sudah di kirim ke kantor pusat

Dana Duka

Dana duka merupakan usaha pengumpulan uang secara bersama-sama (solidaritas) untuk membantu Anggota KSP Kopdit Ankara dan keluarganya secara keseluruhan dari resiko musibah Kematian. Anggota KSP Kopdit Ankara membayar iuran Dana Duka setiap tahun. Besarnya Iuran Duka akan ditetapkan oleh Anggota pada Rapat Anggota Tahunan.

Pelayanan Dana Duka sudah diselenggarakan sejak tahun 1990.

  1. Solidaritas antara anggota KSP Kopdit Ankara secara keseluruhan
  2. Menolong Anggota KSP Kopdit Ankara yang meninggal Dunia.
  3. Memberikan keringanan kepada Keluarga Anggota KSP Kopdit Ankara
  1. Iuran Santunan Duka dari Anggota sebesar Rp. 150.000 per tahun
  2. Jika di dalam satu keluarga ada Anggota lebih dari 1 orang maka yang berkewajiban membayar adalah Ayah/Ibu.
  3. Santunan Duka yang diberikan oleh KSP Kopdit Ankara kepada ahliwaris adalah sebesar Rp. 4.000.000.00 (Empat Juta Rupiah).
  4. Santunan Duka diberikan juga apabila keluarga inti dari anggota bersangkutan meninggal dunia. (suami, istri, anak2 yang syah dari pernikahan resmi)
  1. Surat Keterangan Kematian 5 Rangkap
  2. KTP ASLI, / KK asli / atau fotocopy (legalisir) 5 Rangkap Anggota yang meninggal dunia

Jika Point 1 tidak ada maka Surat Keterangan Domisili 5 Rangkap